Profile

Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran mempunyai tugas dan fungsi yang berkaitan dengan pembangunan di bidang ekonomi. Sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan memberikan sumbangan yang nyata dalam perekonomian daerah Kabupaten Pesawaran, yaitu meningkatkan kesejahteran masyarakat, mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, menyediakan lapangan kerja, dan menyeimbangkan sumberdaya alam dan lingkungan hidup. Sektor pertanian mempunyai fungsi dalam menghasilkan bahan pangan, pakan, agroindustri dan bioenergi, meningkatkan kapabilitas petani, serta menjaga keseimbangan lingkungan dengan praktek usaha tani yang ramah lingkungan.

Namun dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Dinas Pertanian harus menyikapivperubahan-perubahan yang terjadi sesuai perkembangan dan dinamika masyarakat, seperti meningkatnya populasi penduduk, tekanan liberalisasi pasar, pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, makin terbatasnya sumberdaya lahan, air dan energy, banyaknya infrastruktur yang rusak, menurunnya minat generasi muda pada usaha pertanian, perkebunan, dan peternakan, serta perkembangan dinamis social budaya masyarakat sehingga menjadi tantangan yang harus dihadapi kedepannya. Tantangan itu meliputi bagaimana meningkatkan ketersediaan bahan pangan, pakan, bioenergi dan agroindustri produk, memperbaiki system distribusi dan meningkatkan diversifikasi konsumsi dan keamanan pangan, meningkatkan nilai tambah, mutu dan daya saing produk pertanian dan peternakan, penetapan kebijakan, perencanaan dan pelaksanaan program/kegiatan, pengawasan, evaluasi serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Pelaksanaan tugas tersebut selalu berorientasi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi ditengah masyarakat akan berimplikasi luas terhadap peranan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengatur dan mengelola sumberdaya yang dimiliki. Untuk itu diperlukan kesiapan aparat dan masyarakat didalam menghasilkan produk yang unggul dan berdaya saing dalam menghadapi persaingan yang mendunia dan semakin ketat.

Konsekuensi logis dari beberapa hal diatas, adalah perlu adanya suatu rumusan kerangka kerja dalam bentuk strategi yang dapat memberikan focus yang jelas dalam upaya mencapai tujuan organisasi dan pencapaian Visi dan Misi.

Sejalan dengan akan berakhirnya masa (periodisasi) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pesawaran Tahun 2011-2015, maka Dinas Pertanian sebagai salah satu OPD Kabupaten Pesawaran yang terbentuk berdasarkan PERDA Nomor 6 Tahun 2016 , sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 272 ayat (1) yang menyatakan bahwa Perangkat Daerah menyusun Rencana Strategis dengan berpedoman pada RPJMD Tahun 2016-2021. Rencana Strategis Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran tahun 2016-2021 ini merupakan dokumen perencanaan yang berisi tujuan, sasaran, kebijakan, strategi, program dan kegiatan pembangunan pertanian yang akan dilaksanakan selama lima tahun kedepan (2016-2021). Oleh karena itu dokumen Renstra ini diharapkan dapat menjadi acuan dan arahan bagi jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan pertanian periode 2016 - 2021 secara meyeluruh, terintegrasi, efisien, sinergi baik didalam maupun antar sector terkait.